True
Apa Efek Samping Makan Kurma Setiap Hari?

Kurma merupakan buah yang berasal dari daerah beriklim kering dan gurun. Kandungan serat dan kalori yang tinggi pada kurma memang baik untuk kesehatan, Apa efek samping apabila kurma di konsumsi setiap hari?

Dengar kata efek samping, kebayangnya pasti negatif. Padahal efek samping yang dimaksud adalah manfaat dari kurma. Bila dikonsumsi setiap hari, efek samping kurma sangat terasa di badan. Disarankan mengonsumsi 400 miligram kalium setiap hari. Anjuran makan kurma tersebut setara 65 gram atau maksimal lima butir kurma kering per hari. Ini manfaat yang akan dirasakan tubuh;

Berat badan jadi turun

Kurma diklaim dapat membuat seseorang sukses diet menurunkan berat badan. Sebab, makanan ini kaya nutrisi yang terdiri dari zat besi, serat, magnesium, hingga kalium yang melimpah.

Di samping itu, kurma juga mengandung potasium, mangan, selenium, dan seng. Kurma juga mengandung rendah gula yang aman dikonsumsi. Ini dapat mengurangi risiko obesitas yang banyak dialami oleh orang di zaman sekarang.

Baca juga : Cara Aman Mencari Supplier Buah Sayur di Era Digital

Ahli Gizi Dr Manjari Chandra mengatakan, ada tiga fakta yang mendukung pernyataan bahwa kurma dapat menurunkan berat badan. Pertama, kurma mengandung tinggi serat. Kedua, kurma mengandung kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi. Ketiga, kurma merupakan sumber protein. 

Menjaga kesehatan jantung

Kurma sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium bekerja dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah. Penelitian mengungkapkan, bahwa diet memperbanyak kalium dapat menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Tulang bertumbuh

Mengkonsumsi kurma yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan seng serta fosfor setiap hari membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kondisi osteoporosis. Nilai gizi kurma tergantung pada jenisnya apakah itu segar atau kering, tingkat kematangannya serta kondisi pertumbuhannya.

Positif imun

Kurma memiliki efek positif untuk sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan kandungan beta-glukannya berupa polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih kompleks untuk dikonsumsi. Kurma mengandung senyawa fenolik dan karotenoid (keduanya yang memiliki sifat melawan kanker) serta vitamin yang semuanya berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. idf

di dalam Articles
Digital Marketing
22 Maret, 2021
Share this post
Arsip

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.