True
Mooncake Durian Freshco

Mooncake atau kue bulan merupakan kue yang biasa disantap saat merayakan Festival Musim Gugur. Tapi tak jarang juga kue ini muncul ketika perayaan Imlek. Agar makin spesial, buat mooncake Durian Freshco, yuk!

Kue tradisional yang legendaris dan sudah ada sejak era Dinasti Ming ini biasanya berbentuk bulat, karena dipercaya bahwa bentuk bulat melambangkan kebulatan dan keutuhan. Jadi siapapun yang memakannya akan mengalami keutuhan dalam segi rezeki, kemakmuran dan kesehatan.

Baca juga : Luar Biasa! Pegawai Indofresh Raih Perak di PON XX Papua

Kue tradisional ini merupakan kue kering dengan rasa manis dan gurih, bulat, berwarna kecoklatan, dibuat dengan cara dipanggang dan permukannya dicetak menimbul. Umumnya, kue bulan terbuat dari tepung, gula, mentega, pasta kacang dan minya sayur. Tetapi jika ingin dibuat lebih spesial tentu bisa banget. Pilih isian mooncake dari Durian Freshco Musang King atau Black Thorn.

Untuk membuat mooncake mudah. Silahkan intip resep berikut:

Bahan isian pasta Durian Freshco:

200 gram Durian Freshco Musang King

150 gr kacang hijau tanpa kulit

300 CC air

1/4 sdt garam

20 gr tepung ketan

2 Bks vanila koepoe (4 gr)

250 cc uht

65 gr gula

40 ml minyak goreng

Bahan adonan kue bulan :

180 gram tepung terigu

125 gram madu (bisa diganti dengan golden syrup)

1/8 sendok teh (0,5 gram) pengembang

55 gram minyak kacang tanah

Cara membuat :

1.  Cuci dan rendam kacang hijau di dalam kulkas kira-kira selama 12 jam. Tiriskan air rendaman, lalu taruh kacang hijau di wadah beri 300 CC air, masukkan kukusan selama 35 menit.

2. Campurkan susu cair dapat di ganti dengan 1 bungkus susu bubuk 28 gr dan sisanya ditambah air hingga total berat 250 gr, aduk rata. Tambahkan tepung ketan, garam dan gula. Masukkan dalam wadah kacang hijau, daging durian dan campuran susu.  Mixer hingga halus, boleh dengan blender.  Saring, tambahkan minyak goreng. Masak dengan api sedang ke kecil kurang lebih 35-45 menit. Test : ketika adonan dilipat dengan spatula, bentuknya tetap kaku tidak melebar lagi ke panci. Angkat.

3. Siapkan adonan kue bulan. Campur pengembang dan 1/2 sendok teh air dalam mangkuk besar sampai larut. Tambahkan madu dan minyak kacang tanah lalu aduk hingga tercampur rata. Masukkan tepung dan aguk dnegan spatula sampai lembut dan  terbentuk adonan yang lengket.

4. Pindahkan adonan ke atas lapisan plastik wrap yang lebar, bungkus lalu istirahatkan di suhu ruang selama 1-2 jam.  Untuk 50 gram kue bulan, berat total isian harus sekitar 35 gram. Agar komposisi pas, timbang dengan timbangan dapur.  Bentuk setiap porsi pasta durian berbentuk bola, lalu tekan dengan telapak tangan hingga terbentuk lingkaran gepeng.

5. Campurkan adonan kue, aduk hingga kalis. Taburi tanganmu dengan tepung, lalu gulungkan satu porsi adonan jadi berbentuk bola, tekan dengan telapak tangan sampai adonan berbentuk lingkaran gepeng. Tempatkan isian kue bulan di tengah adonan, lalu tarik perlahan bagian pinggir adonan dengan jempol dan telunjuk, sehingga isian tertutupi sempurna dengan adonan.

6. Tutup bagian atas adonan sehingga tidak ada sisi yang terbuka, gulung lagi menjadi bentuk bola. Ulangi hal yang sama pada   sisa isian dan adonan tersisa. Jangan lupa taburi adonan kue bulan dnegan tepung agar tidak lengket.  Panaskan oven lebih dulu dengan suhu 180 derajat celcius. Lapisi baking tray dengan perkamen baking atau baking sheet dari silicon.

7. Sambil menunggu oven memanas, bentuk kue bulan menggunakan cetakan kue bulan. Gulung setiap kue bulan jadi bola memanjang yang pas dengan bukaan cetakan kue bulan. Dengan lembut tempatkan kue bulan ke dalam cetakan, tekan  perlahan, lalu keluarkan dan tempatkan ke atas baking tray. Tempatkan baking tray di dalam oven lalu panggang selama 5  menit.

8. Sambil menunggu, buat larutan egg wash untuk melapisi kue bulan dengan mengaduk satu kuning telur dengan satu sendok makan putih telur. 23. Setelah dipanggang lima menit, lapisi kue bulan dengan olesan egg wash. Kembalikan ke dalam oven lalu panggang lagi selama 15 menit. Dinginkan kue bulan di atas rak berongga di suhu ruang. Lalu pindahkan ke wadah tertutup, dan tutup rapat. Biarkan kue bulan selama 1-2 hari agar teksturnya jadi lembut. Kue bulan pun siap disajikan.

Kue bulan termasuk tinggi kalori dan karbohidrat namun tak masalah dikonsumsi Anda yang sedang diet. Sebelum makan kue ini, usahakan kurangi kalori dan asupan karbohidrat. Misalnya hanya konsumsi seperempat mangkuk nasi atau mie sebelum makan mooncake.

Jangan minum manis setelahnya. Pilih teh tawar yang memiliki kandungan antioksidan atau air putih yang rendah kalori, sebagai penyeimbang gizi. Sudah mau imlek nih. Persiapkan mooncake paling lezat ya. idf

di dalam Articles
Digital Marketing
18 Oktober, 2021
Share this post
Arsip

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.